Lantai kayu

Lantai kayu parket adalah jenis penutup lantai yang berasal dari bahasa Perancis parqueterie yang populer di pertengahan sampai akhir Tahun 1600-an.  Lebih jauh di jelaskan bahwa lantai kayu terbuat dari balok kecil atau potongan kayu dengan pola reguler dan geometris yang berfungsi mengganti keramik atau ubin yang dingin.

lantai kayu
Lantai kayu


Jenis kayu yang digunakan seperti Jati,Merbau,Bengkirai,Ulin,Pinus,Kempas,Sonokeling dll yang sifat kayunya kuat,awet dan tahan lama. Memasang lantai kayu seperti merangkai fuzle,tidak semua orang dapat melakukannya,harus punya keahlian khusus dan berpengalaman.

Model pemasangan lantai kayu biasanya berbentuk geometris,sudut,kotak, segitiga dan lozenges untuk menampilkan efek tradisional dan alami. Ada juga yang memasang model efek bintang dan matahari. Namun yang paling banyak digunakan saat ini adalah model pemasangan Herringbone klasik atau pola Chevron.

Selain lantai kayu solid,saat ini kemajuan teknology dapat memanipulasi lantai kayu buatan dengan menciptakan lantai kayu engineered. Lantai kayu engineered terbuat dari lapisan kayu/multi flex tidak 100% kayu asli seperti lantai kayu solid. Dibagian atasnya diberi motif kayu yang sekilas mirip lantai kayu solid atau lantai kayu asli. Keunggulan lantai kayu solid,selain tampilannya sama,juga anti memuai maupun menyusut meskipun terkena sinar matahari langsung.

Pemasangan lantai kayu harus dilakukan oleh profesional. Pemasangan menggunakan perekat lem khusus dengan terlebih dahulu lantai kayu ditempatkan di suhu kamar dan dibiarkan beradaptasi dengan suhu disekitarnya agar nantinya stabil setelah dipasang. Area pemasangan lantai kayu biasanya di ruang tamu,kamar tidur,ruang keluarga,lorong dan teras rumah.

Seperti merawat lantai lainnya, lantai kayu parket juga harus dibersihkan secara teratur menggunakan penyedot debu atau lap kering,jangan sekali-kali menggunakan  kain pel basah. Dengan perawatan yang teratur maka akan menentukan umur lantai kayu parket Anda. Normalnya umur lantai kayu parket jika dirawat sesuai petunjuk,bisa bertahan hingga 15 Tahun.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal harga lantai kayu

List Harga Lantai kayu & Biaya pasang parket 2019